3/28/2015

Apa yang telah kau perbuat, Media Sosial?

          92 Comments   

Aktif dalam rentetan social media adalah sesuatu yang sering dilontarkan kepada gue. Gue adalah tipikal orang yang nggak pernah mau ketinggalan. Bahkan jauh sebelum suatu media sosial itu booming, gue seringkali sudah terlebih dahulu mempunyai akun di situsnya.

Misalnya saja untuk akun Twitter. Dengan jumlah followers yang (mungkin) lebih banyak dari orang-orang yang baru main Twitter, terkadang mereka suka bertanya apakah followers itu dari hasil beli.

Ini adalah pertanyaan yang bikin gue pengen nyumbat mulut si penanya pake genset. Yakali gue beli. Mending duitnya dipake beli eskrim satu sumur.

Pucing pala belbi.


Ada-ada aja gitu. Gue mainan Twitter udah dari jaman SMP, pas Twitter masih anget-angetnya. Waktu itu yang bikin akun gue si Kak Nhana, sepupu yang juga seorang social media freak. Dia membuat akun tersebut dengan alasan ‘biar ada temen mentionan’. Dan akhirnya, di umur segitu, gue udah setingkat lebih gaul dari temen-temen. HA-HA-HA.

Seiring berjalannya waktu, jumlah followers gue dari yang tadinya masih sejumlah bulu kaki Luna Maya, akhirnya berubah menjadi sejumlah bulu dadanya Rhoma Irama. Dan itu sering bertambah dengan sendirinya.

Makin kesini, mulai banyak media-media sosial baru yang bikin kalangan remaja dibutakan sama situs-situs kayak gitu. Zaman sekarang, nggak follow back aja, si pihak bersangkutan udah kayak mau ngajakin musuhan. Bener nggak? Harus bener gue nggak mau tahu.

Mau cari orang ataupun mau bermuntah ria lietin foto alay zaman dulu? Ada Facebook. Mau nanya sesuatu tapi nggak berani bilang sendiri? Ada Ask.fm. Mau ngepoin gallery gebetan? Ada Instagram. Mau pamer ini itu? Ada Path.

Tanpa kita sadari, teknologi juga udah banyak nguras waktu kita.

Nggak usah jauh-jauh deh. Sekarang aja kalo lagi ngumpul, coba liet sekeliling. Yang ada hanya pemandangan masing-masing lagi nunduk, dengan gadget di tangan mereka, sambil asik dengan dunia sendiri-sendiri.

At least, dari semua akun medial sosial yang gue punya, gue paling kesel sama Facebook dan Ask.fm.

Pertama, akun Facebook dengan nama “Fredeva” yang bakal lo temuin kalo lo search itu adalah akun Facebook gue yang kesekian kalinya. Gue sempet beberapa kali gonta-ganti akun baru, dikarenakan Facebook gue suka diretas sama orang-orang nggak jelas.

Ada yang suka masang foto gue di profilnya, ada yang ngaku-ngaku jadi gue, bahkan ada yang langsung nge-hack Facebook tersebut. Makanya, sekarang gue lebih milih-milih lagi kalo ada friend request yang masuk. Bukan karena nggak mau berteman, tapi gue udah capek blokir ini blokir itu pas udah ternyata akunnya fake.

Kedua, Ask.fm. Sumpah ya ini social media yang bikin gue nggak habis fikir sama pertanyaan-pertanyaan anonimnya. Akun Ask.fm gue sebenarnya udah gue hapus. Tapi waktu itu banyak yang minta untuk bikin lagi. Katanya sih buat sharing, sebagai pengganti personal page di Facebook yang udah gue terlantarin.

Setelah dibikin, bukannya sharing, gue malah suka disibukin sama pertanyaan-pertanyaan anonim yang ngehe banget. Dan yang paling bikin gue nggak habis fikir, mereka rata-rata pada nanyain soal sesuatu yang out of my mind, mantan.

Akhirnya, dengan beberapa pertimbangan, gue mutusin buat berhenti mainan Ask.fm. Jadi, kalo ada yang mau nanya-nanya bisa mention aja ke gue di twitter @Fredevadv, atau di Facebook dengan nama ‘Fredeva’.


***

Masih ngomongin seputar socmed, gue dan Kresnoadi baru saja membuat blog kita berdua. Isinya disitu buat seru-seruan aja, namanya jarak dekat.tumblr.com. Seperti kata si pacar di postingannya ini, web blog tersebut buat diisi cerita ngawur kita. Bisa saling bikin pertanyaan, cerita sehari-hari, atau ledek-ledekan. Huehehe.

Ini dia penampakannya :

jarakdekat.tumblr.com


Nah, disini kalian juga bisa nanya ini itu seputar kami berdua, atau mau sharing soal LDR, maupun pertanyaan personal ke salah satu dari kami. Tinggal buka pada menu di ujung kiri atas: Ask me anything, atau bisa juga kirim pertanyaan ke heytherefk@gmail.com.


Olrayt. Untuk postingan kali ini segini aja dulu deh. Kalau kalian, ada akun apa aja? Share di kolom komentar yuk.

Ciao!



92 komentar:

  1. berati w salah satu orng yang beruntung bisa berteman di facebook sama u donk fredeva

    BalasHapus
  2. Tapi dibalik itu semua temen2 gue udah muali berubah . . mereka seakan terjebak di dimensi lain karna Sosmed . . kalo kita ngumpul raganya ada tapi jiwanya nggak ada . . Pasti sibuk pada dunia mereka sendiri . . *numpang curhat yes ??*

    BalasHapus
  3. Sosial media emang ada dampak positif dan negatifnya. Aku udah jarang aktif di fb, paling cuma sesekali update di fb atau ngecek ada inbox apa enggak, nggak kayak pertama buat fb dulu, dikit-dikit buka fb. Sekarang udah pindah ke twitter, lebih enak. Kalo ask.fm sih aku nggak ada masalah, soalnya nggak ada yang naya-nayain aku, kecuali dari sananya, sekalinya ada itu juga temen satu sekolahan :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah begitulah akun cowok di Ask.fm. Mentok juga yang nanya ya seputar situ aja. Nah yang cewek. Kebanyakan anon dari haters munafik. -___-

      Hapus
  4. Kalo sosmed yang gue punya sih dikit, tergantung fungsinya dan... sangat selektif dalam pertemanan. Sosmed terbaik ya twitter :D

    Semangat, ya, untuk tumblr kalian X))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm gitu kang. Tapi kalo twitter bukannya bebas ya followersnya kecuali dikunci?

      Okay. Thank you kang arif. XD

      Hapus
  5. “The Internet is the first thing that humanity has built that humanity doesn't understand, the largest experiment in anarchy that we have ever had.” ― Eric Schmidt

    BalasHapus
  6. iya, dev. Sekarang udah pekat banget di mana-mana gue bingung kadang. Kenapa dengan mereka.

    Gue yang udah gak make smartphone serasa sendiri, kalo lagi ngobrol sama temen yang punya smartphone.

    Gue menghindar karena tau. Dunia akan berubah. -__-

    Semoga gue gak gitu, ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih gue mas. :(

      Lah terus, kalo kayak gitu, cara menghibur diri ngapain aja tuh?
      Aamiin. Konsisten ya mas Heru. :D

      Hapus
  7. kalau kk, cuma ada facebook, googleplus n twit. kalau selain itu nggak deh. coz kalau kebanyakan. takutnya nggak terurus dek.
    4 juga uda lumayan.

    BalasHapus
  8. Aku juga banyak sosmednya. Tapi nggak semuanya keurus, cuma beberapa. Hakhak~
    Asik tuh ada web bareng-bareeng~ :D
    Pantengin aah~ :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rimaku sayang, sebelum aku bales komen kamu ini. Terlebih dahulu aku mau nanya. INI KENAPA KETAWA KAMU JADI KAYAK CHIBI-CHIBI BARU JADIAN HAH? Eh iya deng lupa kalo emang bener baru jadian. Uhuk.

      Punten neng geulis. :3

      Hapus
  9. Pernah baca postingan blogger lain yang ngomong kalo sosmed adalah tempat pencitraan. Ya memang.

    Untuk masalah ngumpul yang sambil megang gadget itu memang banyak banget gue jumpain di cafe dan tempat ngumpul lainnya. Ngumpulnya mereka itu cuma di grup bbm, line ataupun WA. Seandainya ada gadget free day, menurut lo ada yang mau ngelakuin itu gak?

    Untuk media sosial yang booming, gue cuma gak make path dan ask.fm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bung.

      Hmm kayaknya sedikit deh yang ikut Yu. Kerjaan sekarang mana bisa jauh dari teknologi. Terutama gadget. Paling kalo ada hari gadget free day ya semua orang kantoran pasti libur juga.

      Kunaon eta?

      Hapus
    2. Gue malah mikir gak akan ada yang ikut, gue sendiri juga gak bisa ngelepasin gadget sehari aja.

      Gak begitu hobi berbagi foto lewat Path, seringnya di Instagram.

      Hapus
  10. Semua akun medsos punya? wiiihh, aku dua aja gak abis-abis. sampe-sampe satunya aku sedehkan bagi yang kurang mampu.

    BalasHapus
  11. Twitter sekarang udah nggak keurus gue, paling kalau ada event buat lomba saja. Facebook? Hmmm masih sih karena kalau ada info disekolsh gue hahaha.....

    Nggak punya ask instagram sama path, hp gue keberatan aplikasi gituan. *curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. Pantesan jomblo ya. Socmed aja gak keurus. *Eh

      Hapus
  12. Sama, gue juga punya hampir semua. Kalo di ask, kebanyakan pada curhat. Ya, selama gue bisa jawab, sih, noprob. Mungkin mereka nganggap gue Mario Teguh kali, ya? :3

    Btw, blog barunya keren. Kreatif lo Dev, Adi juga. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah begitulah akun Ask.fm para cowok. Paling yang nanya gebetan atau nggak cewek yang mau curcol. Nah kalo cewek? Anon-anonnya kebanyakan haters, atau nggak temen kampus yang ngehe banget ngerjain kita. -___-

      Haha makasih deh ya. :D

      Hapus
  13. Kalo saya, kak, cuma punya facebook, twitter (@simambahitam), ask.fm (@Fauzy_Mubarok), dan google plus. Udah. Kalo instagram, Path, BBM, saya gak punya. soalnya gak punya hape android/iPhone. Beliin dong, kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI KENAPA MALAH MINTA BELIIN YA ALLOH -_____-

      Sudah di follow ya.

      Hapus
  14. Aku disini cuma mau doain ajah, semoga langgeng yah hubungan LDR kalian. :')
    *tumben komenku rada bener*

    Akhir-akhir ini aku lagi sering maen Instagram sih, dulu sebelum booming udah punya eh sekarang malah ketagihan lagi. Follow @dhimasadi yak. *Promo colongan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya rabbal alamin. Makasih ya Dimsum. Iya tumben bener. :')

      Hahaha okay siap laksanakan.

      Hapus
  15. Ah kalian bisa aja bikin jomlo iri. Bikin dan ngurusin blog berdua. Ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Ismie bisa aja tetep komen. Ah..
      Gapapa Mi, kali aja ada blogger yang main dan ketemu kamu disini. Ihiy.

      Hapus
  16. Semangat, Dev. Terus berkarya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Miftah yang suka banget sama kumisnya Adi. -_______-

      Hapus
  17. Dunia maya....~~ panggung sandiwara...~~

    BalasHapus
  18. Iya, Dev. Memang kalo kebanyakan media sosial pasti bakal ada beberapa yang terlantar, soalnya kita pasti nggak bisa ngurus semua. Kadang punya satu aja udah ribet.. :p

    Hehe.. Tapi kalo diurus berdua kayak jarakdekat.tumblr.com itu kayaknya nggak bakal terlantar.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue malah semuanya keurus kok. Cuma malesinnya ya FB sama Ask.fm itu -__-

      Semoga ya. :D

      Hapus
  19. kayaknya pasangan yang awet banget nih... hahaha... kalo ask.fm aku gak pernah bikin, kepikiran pengen bikin tapi gimana yak? soalnya kayaknya terlalu nyepam gitu, apalagi kalo dikonekin ke twitter atau FB... dan nanya nanya pake anonim gitu bukannya kurang jentel yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin allahumma aamiin. Makasih ya. \:D/
      Nggak usah deh mending, gak jelas banget sumpah itu aplikasinya. -__-

      Hapus
  20. "Mau cari orang ataupun mau bermuntah ria lietin foto alay zaman dulu? Ada Facebook. Mau nanya sesuatu tapi nggak berani bilang sendiri? Ada Ask.fm. Mau ngepoin gallery gebetan? Ada Instagram. Mau pamer ini itu? Ada Path."
    This is damn true!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini dari komenan lo ketahuan banget semua yang diatas lo lakuin beneran Ric. Ya Tuhan..

      Hapus
  21. Gue udah berhenti maenin si burung biru, apalagi ask.fm. Hahaha... Males aja, hahaha... Cukup lama di Facebook, Instagram, sama G+. Haha..

    BalasHapus
  22. Itu kenapa aku ngga punya sosmed banyak-banyak, Dev.. Ngga nyaman. Hahah.. :D Padahal Febri uda ngeong-ngeong nyuruh aku bikin Twitter biar bisa mention-mentionan. Diiiiiih! -_-

    Tapi sebenarnya pengen punya IG sik.. Biar bisa rajin bikin sketsa sama doodle :P *alesan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya aku sering liet Febri kayak lagi ngomong sendiri di twitter Beb. Kasian tuh anak. Ngahahah.

      Nah boleh tuh. Bikin weh beb. \:D/

      Hapus
    2. Aku terpaksa bikin deh. Ciyan aneth Ayank akoh :'

      Nunggu punya hp baluuuuu :P

      Hapus
  23. Wah, kalo Ask.fm udah lupa password malah. Paling sekarang cuma Twitter sama Instagram aja. Gue juga udah mulai jarang main Path. Yap, temen-temen gue isinya pamer semua. Mereka enak ada yang dipamerin. Lah, kalo gue mau pamer sleep sama awake doang? :(

    Ciyeee, romantis abis bikin Tumblr berdua. :))

    Gue sama pacar jadi pengin ikutan. Ikutan baca aja maksudnya. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha anjir ngakak gue baca komenan lo Yog. Sleep awake wtf. XD

      BILANG AJA MAU PAMER UDAH PACARAN SAMA RIMA YOG. HIH!

      Hapus
    2. Capslock lu matiin dulu apa. :(

      Hapus
  24. Saya sering ganti password secara berkala.

    BalasHapus
  25. .Iya benar, kalau ngumpul ntah acara Reuni atau apalah gitu. Pasti yang dilihat HP dan sebagainya. -_-
    .Hmm. Facebook mbak Deva apa nih? .Manatau bisa dekat yakan. Hihi. :D *Peace

    BalasHapus
  26. Pernah tuh ngerasain hal yang sama ganti akun beberapa kali karena ada orang yang syikir meng-hack akun facebook saya gedeg banget sama tuh orang x___x

    BalasHapus
  27. Aku nih, masih mainan twitter sama fesbuk doang. Fesbuk udah sedikit ditinggalkan sih, kalau twitter, lebih ke ngebanyol atau ngetwit nggak jelas -_- jadi jarang juga sekarang --_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan jugaaa, buat galauin Beby disitu. \:b/

      Hapus
  28. sekarang kan anak gaul kayak gitu. jadi generasi nunduk. sekarang nyari gebetan, 'KATANYA' bisa pake gadget juga. kadang pengen balik ke masa bisa hepi tnpa gedget.
    gue sndiri suka buka fb, ya krena komunitas blog sama grup'' yg mnrut gue penting di ikutin perkembangannya. bikin ask fm, juga ga ada yg nnya. yg mau nnya boleh si http://ask.fm/afauzizahrula, promo ye, dev. BEHAHAHAH

    oke, yg terakhir itu yg lo bikin blog berdua, ini cukup bikin nyesek ye. apalagi baca tulisannya si adi. laen kali, emang harus siapin mental dlu sih, buat baca blog lo berdua. syetaaaan emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Tumben bener lo Zi.
      Gapapa promo aja. Jomblo emang suka gitu.

      Huehehehe makanya cari pacar sono Zi. :b

      Hapus
  29. widih deva sama bang adi makin romantis aja sampai bikin tumblr berdua.hehe

    BalasHapus
  30. Anjir, bikin iri aja. Mau juga bikin blog berdua. Hahaha.

    BalasHapus
  31. Pintu di tutup, laptop di buka, interaksi sama orang nyata susah. Virus sosialmedia

    BalasHapus
  32. gue punya twitter sama pesbuk. hebatkan \m/
    tapi belum punya blog yang dipake bedua kaya lu sama adi punya :'D

    BalasHapus
  33. gue punya banyak, asal bikin aja dulu, yang terbaru ada kwikku, katanya sih indonesia punya, tumbeler juga punya gue hahaha hebat kan?

    BalasHapus
  34. gue punya twitter, folowernya dikit gue juga baru bikin tumblr nih. nih linknya www.muhae.tumblr.com folowernya juga dikit, bahkan gak ada....
    kamu aku ikutin liebster award, tapi kayaknya kamu uadah pernah dapat deh, gapapa ya, maap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, tumblr kan emang jarang yang pake juga. :)
      Menuju TKP~

      Hapus
  35. Barusan gua buka, dan anjir isinya absurd banget! Bhaha.. Tapi keren sih kayak gallery online kisah kalian. Longlast, Dev! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafkan kelakuan gue jika menyakiti retina matamu nak. Aamiin. You too. :D

      Hapus
  36. jiiiir keren bgt punya blog brg pacar, jgnkan blog brg pacar, pacarnya aja belum punya akuhhhh :" #lahmalahcurhat longlast dah yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sa ae dek. *malu-malu najong*
      Aamiin. :)

      Hapus
  37. Ngomongin medsos, aku cuma punya Friendster aja, kak. Ga ngerti lagi mainan anak jaman sekarang. Ga kekinian banget aku, kak -..-
    Lebih suka main batu akik daripada medsos.

    BalasHapus
  38. kalo gue sih cuman punya FB, Twitter, Ask Fm, Google+, Gmail.. dah itu aja.. untuk Ask Fm pertanyaaan anonim kan bisa dinonaktifin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. IG ama Youtube Ketinggalan.. *lah youtube, G+, Gmail kan satu paket ?*

      Hapus
    2. Ini lo yang nulis tapi elo juga yang ngritik. Bingung aku mz. :'))

      Emang bisa dinonaktifin tapi udah keburu males sama anon-anonnya kemaren.

      Hapus
  39. Instagram, twitter, blog udah jadi temen haha kalo facebook sekarang lagi jarang buka facebook. Di beranda banyak orang pacaran sama orang jualan -_-

    BalasHapus
  40. gua udah jarang sih main fb. paling kalau share postingan doang. path, ask.fm, gua gak main. capek ngikutin perkembangan media sosial. gak ada abisnya

    semoga blog lo berdua berjalan lancar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih kalo fb mah buat share postingan doang~

      Aamiin thank you. \:D/

      Hapus
  41. aku juga sosmed addict(?)gitu dan juga ngeliat langsung perkembangan sosmed dari duluuuu ampe sekarang. pernah aku nge-unfollow seseorang tak dikenal di twitter karena aku emang gak kenal. eh gak lama kemudian dia mention aku. isinya, "Mkasih unfollownya. udah saya unfollow balik dan saya block!". kan serem :(

    BalasHapus

Oit! Buru-buru amat. Sini ngasih komen dulu. Kali aja kita nyambung, gitu.

Copyright © Fredeva is designed by Fahrihira